Thursday, October 24, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » Tips Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Tips Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Mengatasi Penyakit Insomnia - Tidur adalah kegiatan mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita mungkin karena sudah terlalu suntuk atau sudah lelah. Tidur mungkin merupakan aktivitas yang sangat gampang, namun bagi sebagian orang tidur malah menjadi masalah mereka setiap harinya. Kondisi susah tidur atau yang sering disebut sebagai insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu.

Jika terus dibiarkan, insomnia justru akan memperburuk kondisi fisik anda. Insomnia akan menyebabkan kita untuk kesulitan menemukan jam tidur dan biasanya jam tidur kita sangat pendek dan apabila terus berlangsung maka kondisi fisik seseorang tersebut bisa drop. Berikut ini adalah beberapa gejala atau tanda-tanda seseorang mengalami insmonia :

mengatasi insomnia


  • Mengalami susah tidur, dan hanya bisa terlelap ketika hari sudah mulai pagi. Jika sudah parah, hal ini bisa terjadi terus menerus dalam beberapa hari
  • Wajah terlihat kurang fresh akibat kurangnya jam tidur
  • Kurang bersemangat dalam beraktifitas
  • Sering terlihat ngantuk ketika siang hari
  • Sensitif dan emosional
Dan dibawah ini merupakan tips dari kami untuk mengatasi insomnia secara alami.


  • Sebelum jam tidur, tenangkan pikiran dan jiwa dengan suasana nyaman dan hening, Anda harus rileks.
  • Jaga kebersihan kamar dan tempat tidur. Kebersihan juga sangat berpengaruh pada insomnia, jadi sebaiknya bersihkan kamar dan tempat tidur secara teratur.
  • Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Selain dapat membuat tidur anda lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak sehingga anda bisa cepat tidur.
  • Singkirkanlah gadget jauh-jauh dari tempat tidur anda. Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.
  • Makan kacang. Dalam kacang, terdapat zat triptofan. Jika zat ini mengalir dalam aliran darah ditubuh, akan menghasilkan hormon melatonin yang bisa membuat merasa kantuk.
  • Dengarkan musik tenang. Relaksasi ini akan membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks. Anda bisa menyetel volume musik senyaman mungkin. Anda bisa mencoba mendengar musik instrumen.
Jikalau dengan melakukan tips diatas pun anda juga tidak bisa menemukan waktu tidur anda, maka kami sangat menyarankan anda untuk segera konsultasikan ke dokter. Mungkin saja anda punya masalah tertentu pada kondisi badan anda atau mungkin itu malah suatu penyakit.

Demikian dulu tulisan ini, semoga informasi yang baru saja kamu sampaikan tentang tips mengatasi insomnia diatas bermanfaat.

No comments:

Post a Comment